Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Joko Widodo (kedua kanan) dan Ma'ruf Amin (kanan) serta pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Prabowo Subianto (kedua kiri) dan Sandiaga Uno mengikuti rapat Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Capres dan Cawapres Pemilu 2019 di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (21/9). Pasangan Jokowi-Ma'ruf memperoleh nomor urut 01 sementara pasangan Prabowo-Sandiaga memperoleh nomor urut 02.

Jakarta, Aktual.com – Komisi Pemilihan Umum mengizinkan masing-masing pasangan capres-cawapres membawa 100 orang pendukungnya ke dalam ruang debat.

“Masing-masing pasangan calon kita beri hak untuk menghadirkan 100 orang,” kata Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi di Jakarta, Rabu (16/1).

Pramono mengatakan secara total, kapasitas ruang debat dapat menampung 500 undangan. Sebanyak 200 undangan diberikan hak bagi pasangan calon, sementara 300 lainnya merupakan kewenangan KPU untuk mengundang.

Bagi pendukung calon yang tidak bisa masuk ke ruang debat, KPU menyediakan arena di luar gedung. KPU telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk memastikan pendukung di luar ruang debat tetap kondusif.

Debat capres-cawapres perdana akan diselenggarakan Kamis (17/1) di Hotel Bidakara, Jakarta. Debat akan diikuti dua pasangan calon, nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga.

Pramono menyatakan saat ini persiapan debat sudah mencapai 99 persen. KPU juga turut mengundang mantan Presiden dan Wakil Presiden dalam debat perdana nanti.

(Abdul Hamid)