Jakarta, Aktual.com — Organisasi ‘Artis Cinta Lambang Negara’ melaporkan Denny Cagur, Zaskia Gotik, Ayu Ting-Ting, Julia Perez dan produser sebuah acara televisi nasional ke Bareskrim Polri. Mereka dilaporkan atas tuduhan dugaan tindak pidana penghinaan lambang negara.

Didampingi Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI), Cheril Bella Luna Ferlin‎alah yang mengaku artis mengatakan, langkah hukum itu dilakukan sebagai bentuk kecintaannya kepada negara. Dia tidak rela jika lambang negara dijadikan lelucon oleh Denny Cagur cs.

“Saya perwakilan kalangan artis lainnya, kewajiban kita mengharumkan nama baik negara, bukannya jadi lelucon. Mereka ini sebagai kakak-kakak saya harusnya memberi contoh yang baik kepada saya selaku adik-adiknya,” kata Bella usai membuat laporan di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Sabtu (26/3).

Sementara, Razman Arief Nasution selaku Wakil Ketua HAMI, menuturkan jika pihaknya meminta polisi untuk mengusut laporan tersebut sampai tuntas. Dia bahkan mendesak polisi segera memeriksa Denny Cagur cs.

“Secara resmi mendampingi klien kami, agar polisi mem-follow up laporan ini. Kita ketahui bahwa lambang negara ini kita melihat bukan cuma Zaskia Gotik, tapi ada Jupe dan Ayu Ting Ting. Yang jadi persoalan kenapa Jupe sebagai ahli hukum melakukan pembiaran terhadap penghinaan lambang negara,” ucap dia.

Dalam surat laporan bernomor LP/317/III/2016/Bareskrim, tertulis pelapor hanya Cheril Bella Luna Ferlin‎alah. Sedangkan terlapor tecatat nama Denny Cagur cs dengan perkara dugaan tindak pidana penghinaan lambang negara sebagaimana tertuang dalam pasal 57a jo pasal 68 UU No 24 tahun 2009 tentang penghinaan lambang negara/simbol negara jo pasal 56 KUHP.

Kendati begitu, Razman berkelit saat disinggung apakah laporan ini benar mewakili seluruh artis papan atas tanah air, mengingat artis yang datang melaporkan Denny Cagur cs hanya Bella.

“Kalau kita mewakili artis ada ribuan orang, cuma ini dibawah naungan HAMI. Kami ingin kedepannya kita menjaga jangan terjadi lagi seperti ini, semua ini dididik bela negara. Kesimpulan dalam hal ini seluruh artis akan diajak HAMI untuk mengerti UUD,” tutup dia.

()