Surabaya, Aktual.com – Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan, Muhammad Zaini Hanafi membuka kegiatan Rekonsiliasi dan Penyusunan Laporan Keuangan Semester II Tahun Anggaran 2022 lingkup DJPT yang dilaksanakan di Surabaya, pada 23-27 Januari 2023.

Dalam sambutannya, Zaini meminta sinergi dan sinkronisasi dari seluruh unit kerja agar penyusunan laporan tersebut dilakukan berdasarkan perencanaan yang matang serta transparansi kinerja dengan data yang sesuai.

“Kegiatan ini menjadi bagian dari mekanisme penyampaian pelaporan keuangan berdasarkan standar akuntansi pemerintah,” ujar Zaini.

Lebih lanjut, Zaini menyampaikan agar hal-hal yang masih menjadi kendala dapat segera dituntaskan dalam rangkaian penyusunan laporan keuangan tersebut, sehingga KKP mampu kembali mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian.

Dia berpesan dalam melaksanakan kegiatan prioritas, aspek perencanaan menjadi tulang punggung dengan kontrubsi 40%, sedangkan pelaksanaan dan evaluasi masing-masing 30%.

Sebelumnya Sekretaris Ditjen Perikanan Tangkap Trian Yunanda menyampaikan realiasi serapan anggaran perikanan tangkap 2022 mencapai 98,30%.

“Sehingga diperlukan laporan keuangan dari seluruh satuan kerja dengan dokumen pendukung yang akuntabel,” terangnya.

Pada kegiatan itu, diserahkan pula penghargaan untuk satuan kerja dengan nilai pencapaian sasaran strategis (NPSS) 2022 yaitu Direktorat Kapal Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan (KAPI), PPN Prigi dan PPN Kejawanan.

Sementara satuan kerja dengan nilai indeks profesionalitas ASN 2022 yaitu PPN Kejawanan, Direktorat Pengelolaan Sumber Daya Ikan, dan Direktorat Perizinan dan Kenelayanan. Sedangkan satuan ker jadengan nilai indikator pelaksanaan anggaran 2022 yaitu PPN Kwandang, PPN Sibolga dan BBPI Semarang

Kegiatan dilanjutkan dengan penanda tanganan perjanjian kinerja sebagai bagian dari pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang diwakili Direktur Pengelolaan Sumber Daya Ikan, Kepala BBPI Semarang, Kepala PPS Cilacap, Kepala PPN Pemangkat dan Kepala PPP Teluk Batang.

(Rizky Zulkarnain)