Jakarta, aktual.com – Direkorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT) berhasil meraih penghargaan dengan dua kategori pada puncak Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022 di lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Kategori tersebut adalah unit kerja berpredikat Menuju Wilayah Bebas Korupsi bagi Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Perikanan Nusantara (UPT PPN) Palabuhanratu serta Dukungan Penyelenggaraan Perizinan Maritime on The Spot di Wilayah Cilacap dari Kementerian Kominfo kepada Pelabuhan Perikanan Samudra (PPS) Cilacap.

Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Kelautan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono dan diterima langsung oleh Dirjen Perikanan Tangkap Muhammad Zaini Hanafi di Ballroom Gedung Mina Bahari III KKP, Senin (12/12).

Menteri Sakti dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh unit kerja di lingkungan KKP untuk bersama-sama membangun Budaya Integritas dan berani bertindak melawan korupsi di lingkungan KKP.

“Untuk menciptakan lingkungan yang anti korupsi, kita perlu senantiasa membangun integritas, mengembangkan budaya antikorupsi dan menumbuhkan rasa malu menikmati hasil korupsi, terus meningkatkan transparansi, meningkatkan akuntabilitas, meningkatkan penyederhanaan proses kerja, dan proses pelayanan kepada masyarakat untuk menekan peluang korupsi sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan publik,” ujar Menteri Sakti.

Dia juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh pejabat dan pegawai KKP, yang telah mengharumkan nama baik KKP di berbagai kesempatan, dan membawa KKP meraih beberapa penghargaan baik dari pihak eksternal maupun internal.

“Penghargaan yang diterima ini menjadi motivasi untuk terus melakukan upaya membudayakan antikorupsi di lingkungan kerja,” kata Sakti Wahyu Trenggono.

(Rizky Zulkarnain)