Jakarta, aktual.com – Sebanyak 204 Tim Pemeriksa Daerah (TPD) dari 34 provinsi dilantik dan dikukuhkan oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) di Pacific Sari Jakarta, Sabtu (6/4).

TPD berasal dari unsur masyarakat, KPU, dan Bawaslu di masing-masing provinsi, dan ke-204 TPD ini diambil sumpahnya oleh Ketua DKPP Harjono.

Sumpah yang dibacakan dan diikuti 204 TPD tersebut berbunyi, “Saya akan memenuhi tugas dan kewajiban saya sebagai Tim Pemeriksa Daerah dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.”

Sumpah tersebut juga berbunyi bahwa TKD akan bersungguh-sungguh, jujur, adil, dan cermat dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya demi penegakan kode etik penyelenggara pemilu, serta mengutamakan kepentingan NKRI daripada kepentingan pribadi atau golongan.

Acara pelantikan dan pengukuhan ini juga dihadiri oleh Ketua Bawaslu Abhan, Komisioner KPU Hasyim Asyari, dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

“Meskipun ini adalah acara DKPP tapi ini adalah kesempatan yang baik maka kita undang juga KPU, Bawaslu, karena di dalam TPD juga ada unsur KPU, Bawaslu, untuk memberikan bekal-bekal, karena ini sudah sangat dekat sekali ya, belasan hari lagi,” ujar Harjono.

Harjono juga berharap komunikasi di antara lembaga-lembaga terkait ini bisa efektif.

“Tujuannya tidak hanya adalah meningkatkan kapabilitas penyelenggara pemilu sehingga tingkat kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara pemilu juga meningkat,” tutupnya.

(Zaenal Arifin)