Pekerja membereskan stok beras di Gudang Beras Bulog, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (26/1/2018). Ketua MPR Zulkifli Hasan minta pemerintah untuk membatalkan rencana impor beras. Karena pelaksanaan impor yang dilakukan bersamaan dengan panen raya akan merugikan petani. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Anggota DPR RI Herman Khaeron mengatakan pemerintah harus berani mengeluarkan keputusan politik untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional, mengingat persoalan yang dihadapinya juga banyak.

“Bicara soal beras misalnya, berkurangnya lahan pertanian menjadi masalah krusial. Sementara, mencari lahan baru yang cocok untuk pertanian, seperti sawah, tidak mudah. Karena itu, harus ada keputusan politik yang kuat. Lahan pertanian tidak boleh diubah. Supaya lahan pertanian yang ada saat ini, tidak terus menyusut,” kata Herman, di Jakarta, Kamis 24/10).

Politisi dari Partai Demokrat ini mengatakan petani membutuhkan keputusan politik yang kuat untuk melindungi lahan-lahan yang selama ini mereka garap.

Menurutnya, diversifikasi pangan juga perlu dilakukan. Selain beras, juga ada sagu dan jagung, termasuk memaksimalkan potensi perikanan mengingat luas lautan Indonesia, dua per tiga dari daratan.

(Abdul Hamid)