Karimun, Aktual.com – Sebanyak 72 orang penderita gangguan jiwa masuk dalam Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan 2 (DPTHP-2) Pemilu 2019 yang diputuskan dalam rapat pleno Komisi Pemilihan Umum Karimun, Kepulauan Riau.

“Kami menunggu teknis atau aturan dari KPU pusat terkait pemilih dengan status ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) ini. Sementara mereka kita masukkan dulu dalam DPTHP-2,” kata komisioner KPU Karimun Mardanus usai rapat pleno penetapan DPTHP-2 di Tanjung Balai Karimun, Senin (10/12).

Mardanus menjelaskan, 72 pemilih dengan status ODGJ itu terdaftar dalam DPTHP-2 di Kecamatan Utara 17 orang, Kundur 12 orang, Karimun dan Moro masing-masing 10 orang, Ungar 11 orang, Kundur Barat 2 orang, Kecamatan Durai, Meral, Buru dan Meral Barat masing-masing 1 orang.

“Sesuai arahan KPU pusat, mereka tetap dimasukkan dalam DPTHP-2,” kata dia.

Sementara itu, jumlah pemilih yang ditetapkan dalam DPTHP-2 pada rapat pleno terbuka sebanyak 170.504 orang, terdiri atas pemilih laki-laki 86.902 orang dan perempuan 83.502 orang.

Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko menyebutkan, jumlah pemilih dalam DPTHP-2 bertambah sebanyak 1.714 orang dibandingkan data DPTHP-1 pada November sebanyak 168.790.

“Semula, jumlah pemilih yang terjaring melalui Gerakan Melindungi Hak Pilih sebanyak 2.352 orang, namun pemilih yang tidak memenuhi syarat sebanyak 638 orang,” kata dia.

Sementara, ujar Eko, untuk penyandang disabilitas yang tercatat dan ditetapkan dalam DPTHP-2 sebanyak 433 orang.

“Meski terjadi penambahan pemilih, jumlah TPS tetap 780, tidak mengalami perubahan,” ujarnya.

DPTHP-2 yang telah ditetapkan tersebut, menurut dia, selanjutnya akan dibawa ke KPU Provinsi Kepri, dan selanjutnya disahkan di tingkat KPU pusat.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Karimun Muhammad Fadli menilai penetapan DPTHP-2 sesuai dengan aturan.

Namun dia tetap berharap KPU terus meningkatkan koordinasi dengan Bawaslu sehingga semua tahapan Pemilu 2019 berjalan dengan baik, lancar dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Yang penting saling bersinergi sehingga semua tahapan pemilu berjalan dengan baik,’ Kata dia.

 

Ant.

()