Jakarta, Aktual.com – Kabar duka datang dari Letnan Jenderal (Purn) Doni Monardo, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), telah wafat pada hari ini, Minggu (3/12).

Berdasarkan laporan yang diterima, Doni Monardo menghembuskan napas terakhirnya sekitar pukul 17.35 WIB.

“Telah meninggal dunia Letjen Purn DR HC Doni Monardo, (Kelahiran 10 Mei 1963) pada hari Ahad, 3 Desember 2023 pukul 17.35 WIB,” ujar Stafsus Kepala BNPB periode 2019-2020 Egy Massadiah lewat pesan singkat, Minggu (3/12).

Doni Monardo telah menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak beberapa waktu yang lalu. Konfirmasi ini diberikan oleh Plt. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari.

Pada tanggal 22 Oktober yang lalu, lewat Sekretaris Utama BNPB, Rustian menyatakan bahwa keadaan Doni Monardo mengalami perbaikan setelah menjalani tindakan operasi.

“Kondisi ya namanya [setelah] operasi sudah agak mulai membaik,” ucap Rustian di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Jumat (22/9).

Kemudian, pada tanggal 7 November yang lalu, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kepada Doni Monardo di Rumah Sakit Siloam, Semanggi, Jakarta.

Setelah diresmikan oleh Presiden Jokowi sebagai Kepala BNPB pada bulan Januari 2019, Doni memulai upaya pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, yang kemudian dijadikan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 pada bulan Maret 2020.

Doni menerima penghargaan dari Presiden Jokowi pada bulan Maret 2023 karena penerapan strategi Pentahelix yang menekankan semangat kegotongroyongan melibatkan seluruh sumber daya, termasuk kerja sama dengan pemerintah daerah, partisipasi masyarakat setempat, kontribusi pakar dan akademisi, dukungan media, serta keterlibatan sektor swasta.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Yunita Wisikaningsih

Tinggalkan Balasan