Kairo, Aktual.com – Misi arkeologi Mesir-Austria yang bekerja di Kuil Kom Ombo di Provinsi Aswan, Mesir selatan, menemukan sebuah fasilitas pengelolaan gandum peninggalan Periode Menengah Pertama yang terbentang antara tahun 2181 SM hingga 2050 SM.

Lebih dari 20 silo berbentuk kerucut ditemukan di dalam kompleks itu, yang kemungkinan digunakan untuk menimbun dan mendistribusikan gandum, ujar Mostafa Waziri, Sekretaris Jenderal Dewan Tertinggi Kepurbakalaan Mesir, dalam pernyataan.

Foto tak bertanggal ini menunjukkan sejumlah silo berbentuk kerucut yang ditemukan dalam proyek arkeologi di Kuil Kom Ombo di Aswan, Mesir. (Xinhua/Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir)

Elemen-elemen arsitektur dari silo berkedalaman dua meter itu, seperti kubah, tangga, dan ruang penyimpanan berada dalam kondisi baik, menurut pernyataan tersebut.

Seraya menyebutnya “unik”, Waziri mengatakan penemuan itu mencerminkan pentingnya Kota Kom Ombo pada Periode Menengah Pertama sebagai pusat pertanian dan komersial, dan bahwa kota tersebut dihuni oleh sejumlah besar orang.

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)