Jakarta, Aktual.com — Politikus Partai Golkar Firman Soebagyo mengaku terkejut dengan kabar perombakan yang terjadi di Fraksi Golkar DPR.

“Saya juga baru tahu. ‎Saya belum baca suratnya,” ujar anggota fraksi Golkar, Firman Soebagyo, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (22/1).

Anggota Komisi IV DPR RI itu menuturkan, siang ini Ketua Fraksi Golkar Setya Novanto akan menjelaskan seputar perombakan sejumlah posisi. Rencananya, rapat internal partai berlambang pohon beringin itu digelar di lantai 12 Gedung Nusantara I.

“Jam 1 (siang) kita ada rapat. Ketua fraksi akan menjelaskan. Rapat di lantai 12. Ini otoritas pimpinan fraksi. Perombakan fraksi biasanya memang terjadi kalau ada pimpinan baru,” tuturnya.

Diketahui, sejumlah anggota Fraksi Golkar yang dirombak yaitu Wakil Ketua KOmisi I Tantowi Yahya digantikan Meutya Viada Hafid. Tantowi menggantikan Meutya sebagai Wakil Ketua BKSAP.

Muhammad Misbakhun digeser dari Komisi XI ke Komisi II. Bambang Soesatyo dari Sekretaris Fraksi menjadi Ketua Komisi III, bertukar posisi dengan Aziz Syamsuddin.

Fadel Muhammad dari Ketua Komisi XI bergeser menjadi Wakil Ketua Komisi VII menggantikan Satya Yudha. Posisi Fadel di Komisi XI diisi Ahmadi Noor Supit yang sebelumnya Ketua Banggar, sementara posisi Ketua Banggar ditempati Kahar Muzakir.

John Kenedy Aziz dari Komisi III digeser ke Komisi IX, Ade Komaruddin dari Komisi XI ke Komisi IX. Wakil Ketua Komisi X Ridwan Hisyam digantikan oleh Ferdiansyah, Budi Supriyanto digeser dari Komisi V ke Komisi X.

Selain Supit, di Komisi XI juga diisi Edison Betaubun yang digeser dari Komisi III. Airlangga Hartarto dari komisi VI ke Komisi XI. Lalu, Agus Gumiwang dari Komisi VIII ke Komisi XI.

F-Golkar juga merombak seluruh anggotanya di Mahkamah Kehormatan Dewan. Kahar Muzakir, Ridwan Bae, dan Adies Kadir digantikan Lili Asdjudiredja, Saiful Bahri Ruray, dan Ahmad Zacky Siradj‎.

()

()