Surabaya, Aktual.com – Nama bupati Trenggalek, Emil Dardak, kuat akan diusung oleh poros tengah digagas oleh Gerindra-PAN-PKS di Pilgub Jatim 2018 mendatang. Menurut Wakil Ketua I DPD Gerindra Jatim Muhamad Fawaid, sebelumnya telah ada pertemuan antara  Ketua DPD Gerindra Jatim Soepriyatno bertemu  Ketum PAN Zulkifli Hasan di rumah dinasnya jalan Widya Chandra IV/16, Jakarta, beberapa waktu lalu.

“Di pertemuan itu memang muncul beberapa nama dan  mengerucut nama Emil sebagai Calon Gubernur. Saya juga ikut pertemuan di situ,” kata Wakil Ketua I DPD Gerindra Jatim Muhamad Fawaid, di Surabaya, Selasa (21/11).

Menurutnya, Gerindra dan PAN bersepakat mengusung Emil karena dinilai punya kapasitas membawa Jatim lebih baik lagi. Apalagi, figur usia muda dinilai bisa menjadi sosok yang berpengaruh di pembangunan daerah.

“Kami juga  optimis kalau PKS akan bergabung dalam koalisi poros tengah. Sejak awal, ketiga partai ini memang bersepakat membentuk poros baru dalam Pilgub Jatim,” tutupnya.

Sementara Bendahara DPW PAN, Jatim Agus Maimun, saat dikonfirmasi juga mengatakan hal yang sama.

“Benar, memang telah ada  pertemuan antara Ketua DPD Gerindra Jatim Soepriyatno dengan Zulkifli Hasan. Ada beberapa poin hasilnya. Salah satunya, membawa Emil Dardak,” ujarnya.

Hanya saja, lanjut Agus Maimun, poros tengah masih menunggu waktu kapan diumumkan siapa calon yang akan diusung poros tengah. Sementara menurut pengamat sosial politik, Universitas Negeri Surabaya, Agus Mahfud, nama Emil Dardak, dinilai akan menjadi suasana yang baru.

“Selama ini yang menjadi kandidat di Pilgub Jatim, hanya dua nama dari NU itu saja. Gus Ipul dan Khofifah. Masyarakat juga sudah bosan. Ini kesempatan bagi poros tengah untuk mengambil momentum,” ujarnya.

Jika momentum ini tidak dimanfaatkan, kata Agus, maka poros tengah akan kehilangan peluang.

(Reporter: Ahmad H. Budiawan)

(Ahmad H. Budiawan)

(Eka)