Jakarta, Aktual.com — Pemerintah Kota Pangkal Pinang kembali menggelar program bedah rumah terhadap ratusan rumah warga kurang mampu di sejumlah wilayah.

“Kita kemarin melakukan bedah rumah di Kelurahan Kampung Opas sebanyak 125 rumah, 100 rumah menyebar dibeberapa tempat, dan 100 rumah di Kelurahan Pangkalarang,” kata Wali Kota Pangkal Pinang Muhammad Irwansyah, dalam ketrangan tertulisnya, Rabu (16/3).

Program bedah rumah sendiri dilakukan terhadap rumah warga yang tidak layak huni.

“Kita minta doanya kepada masyarakat agar ditahun 2016 ini semua rumah tak layak huni clear kita rehab,” ujar dia.

Program ini, sambungnya, merupakan gotong-royong dari berbagai pihak, yaitu Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Pangkal Pinang, Pemkot Pangkal Pinang, serta pihak ketiga yang memiliki kepedulian dengan sesama.

“Saya ingat pidato sang founding father kita Bung Karno, ia mengatakan ‘Jikalau saya peras yang lima menjadi tiga dan yang tiga menjadi satu, maka dapatlah saya satu perkataan Indonesia yang tulen, yaitu gotong-royong. Negara Indonesia yang kita dirikan haruslah negara gotong-royong’,” tegas dia.

Fathoni, Salah satu warga yang rumahnya dibedah, mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada Pemkot setempat.

“Terima kasih banyak kepada wali kota, mungkin rumah kami tidak seperti ini bila tidak ada bantuan dari pemkot, apalagi saya hanya seorang yang bekerja sebagai pengupas bawang di pasar,” ucap Fathoni.

Program bedah rumah sudah dilangsungkan sejak 2013 lalu dan ada 325 rumah warga yang sudah dibedah.

()