Aher

Bandung, Aktual.com – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, tidak mempermasalahkan banyaknya tenaga kerja asing yang bekerja di wilayahnya. Tercatat lebih dari 20.000 orang tenaga kerja asing di beberapa kabupaten/kota di Jabar.

“Kita mewajari masih ada tenaga kerja asing. Kita tidak mempermasalahkan itu asal legal. Toh jumlahnya juga tidak signifikan ya, artinya sedikit sekali tenaga kerja asing yang tercatat resmi di Jawa Barat itu dalam konteks industri,” kata Aher, sapaan akrabnya dalam siaran persnya yang diterima, Rabu (22/3).

Diungkapkan Aher, pihaknya melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, hingga saat ini telah mengeluarkan izin kerja kepada 600 TKA, yang sebagian besar bekerja di sektor industri.

“Izin ini diberikan kepada tenaga kerja asing yang melakukan aktivitas kerja lintas kabupaten/kota di Jawa Barat. Jadi ada 600 izinnya dari provinsi, karena mereka bekerja antar-kabupaten di provinsi,” kata Aher.

Ia menambahkan pihaknya akan mempertahankan tenaga kerja asing legal tersebut namun dengan komitmen akan terus melakukan pengawasan sehingga tidak ada tenaga kerja asing yang ilegal dan akan menindak tegas apabila ditemukan tenaga kerja asing ilegal.

 

Ant.

()