Jakarta, Aktual.com — Pertokoan yang menyediakan aneka jenis barang, jasa, dan bahan makanan di Kota Palembang, Sumatera Selatan pada H+7 hari raya idul fitri 1436 Hijriah masih banyak yang tutup.

Pantauan di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Basuki Rahmat, Angkatan 45, Demang Lebar Daun, dan Jalan Srijaya Negara Bukit Besar Palembang, Jumat (24/7), tampak masih banyak yang tutup atau belum melakukan aktivitas seperti biasanya.

Perusahaan jasa pembiayaan, kantor distributor perlengkapan kantor, toko peralatan komputer, listrik, dan bahan makanan tampak masih banyak yang mengunci rapat pintu besinya.

Begitu juga dengan bengkel dan toko penjualan suku cadang kendaraan bermotor masih banyak yang belum buka, dan kalaupun ada yang buka belum bisa beroperasi secara maksimal karena sebagian karyawannya masih ada yang belum masuk karena pulang kampung.

Masih banyaknya toko yang belum buka, membuat sejumlah warga mengeluh, karena harus menunggu toko yang bisa memenuhi kebutuhannya beroperasi normal sebagaimana biasanya.

“Saya memerlukan beberapa suku cadang kendaraan dan memasukkan kendaraan ke bengkel untuk dilakukan perawatan, namun toko dan bengkel yang bisa menjadi langganan dijadwalkan buka pada Senin atau awal pekan depan 27 Juli,” ujar Kusuma salah seorang warga setempat.

Sementara suasana arus lalu lintas di jalan protokol terutama jalur menuju pusat kota dan mal tampak ramai, sehingga membuat petugas polisi lalu lintas bekerja keras melakukan pengaturan pergerakan kendaraan roda dua dan empat agar tidak terjadi kemacetan parah.

Suasana di pusat perbelanjaan seperti mal Palembang Square, Palembang Indah Mal, dan Palembang Trade Center, sekarang ini tampak cukup ramai karena banyak warga memanfaatkan libur akhir pekan untuk berbelanja, makan bersama, dan mengajak anak-anak mereka yang sekarang ini masih libur sekolah bermain di arena permainan yang ada di mal tersebut.

Bahkan ada yang memanfaatkan kesempatan menonton film yang ditayangkan di bioskop mal Palembang Square, Palembang Icon, dan Palembang Indah Mall.

Sebelumnya Direktur Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan Kombes Pol Bambang Pristiwanto mengatakan, untuk memberikan rasa aman dan tertib lalu lintas sebelum dan setelah Lebaran ini pihaknya berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan menempatkan petugas di pusat keramaian seperti jalan menuju mal, tempat wisata, dan kawasan lainnya.

“Selain itu kita juga tetap berupaya melakukan pengamanan dan pengaturan lalu lintas pada jalur mudik arus balik Lebaran yang diprediksi masih ramai pada beberapa hari ke depan,” ujarnya.

(Ant)

(Wisnu)