Jakarta, Aktual.com – Harga cabai, terutama rawit yang sempat mengalami kenaikan menjelang Ramadhan, saat ini justru mulai beranjak turun, di Pasar Perniagaan Jakarta Barat, Rabu (14/4).

“Iya sudah mulai turun sekitar 30 persen,” kata salah satu pedagang sayuran, Adi saat sedang sibuk melayani pelanggannya.

Untuk cabai rawit, ungkap Adi, saat ini harganya sudah menjadi Rp60 ribu per kilogram. Sedangkan di saat normal harganya hanya Rp40 ribu per kilogram.

Namun tidak demikian dengan komoditi lainnya, seperti di los daging misalnya, harga ayam negeri naik 20 persen yakni dari normal Rp32 ribu menjadi Rp38 sampai Rp40 ribu per ekor.

Menurut Adi, kenaikan harga beberapa komoditi masih dalam kisaran wajar karena memang dari pemasok biasanya menaikkan harga, seiring dengan tingginya permintaan selama Ramadhan.

Kemudian harga yang juga ikut-ikut naik berada di los ikan, terutama ikan laut dan udang yang menurut pedagang di los tersebut akibat cuaca buruk menjadi penyebab naiknya harga komoditi tersebut.

Sedangkan harga telur yang biasanya permintaan tinggi selama Ramadhan ternyata juga tidak terlalu banyak mengalami kenaikan.

“Kalaupun ada kios yang naik kisaran hanya Rp1.000 sampai Rp2.000 dari harga normal Rp23.000 per kilogram,” kata salah seorang pedagang telur, Linda yang tengah menunggu dagangannya.

Masih di los sayuran, komoditi seperti harga bawang merah, bawang putih dan sayur-sayuran lain harganya masih stabil.

(Warto'i)