Namun kondisi tersebut tidak perlu disesali berlarut karena sudah banyak masyarakat dan beberapa pihak termasuk YLK Sumatera Selatan meminta ditinjau ulang kenaikan harga tiket pesawat yang ditetapkan maskapai penerbangan meskipun belum ada tanggapan untuk menurunkan harga itu.

Masyarakat yang akan mudik Lebaran tidak harus menggunakan pesawat karena menggunakan bus atau kendaraan umum juga relatif cepat.

Sekarang perjalanan darat sedikit lebih cepat dari biasanya karena beberapa ruas jalan tol dari Kota Palembang hingga Lampung sudah mulai beroperasi.

Menggunakan bus angkutan umum bisa lebih aman, nyaman dan biayanya relatif murah. Masyarakat yang akan mudik Lebaran menggunakan bus angkutan umum diimbau untuk memperhatikan beberapa hal.

Jika akan mudik menggunakan angkutan umum, masyarakat datang lebih awal di stasiun, terminal, pelabuhan atau bandara untuk menghindari ditinggalnya berangkat.

Mudik menggunakan angkutan umum memerlukan proses persiapan, misalnya pelaporan tiket, datang ke stasiun, terminal, pelabuhan, atau bandara beberapa jam sebelum jadwal keberangkatan

(Abdul Hamid)