Petugas terminal Alang Alang Lebar Palembang, Thomas, di Palembang, Senin, mengatakan, setiap bus yang masuk dan beroperasi melayani angkutan Lebaran di terminal ini dilakukan pengecekan kelaikan jalan untuk memastikan kendaraan tersebut aman dan nyaman bagi masyarakat yang akan mudik Lebaran.

Pemeriksaan kelaikan jalan dilakukan mulai dari kondisi perlengkapan keselamatan penumpang, jumlah tempat duduk bus hingga ban.

Pengecekan kelaikan jalan bus angkutan Lebaran dilakukan secara ketat dan tidak ada kompromi dengan sopir atau pengelola bus yang diperiksa kondisinya tidak laik jalan.

Puluhan bus AntarKota AntarProvinsi (AKAP) yang melayani angkutan Lebatan Idul Fitri 1440 Hijriah sejak 29 Mei 2019 hingga Senin (H-2) ditertibkan karena tidak memenuhi ketentuan laik jalan.

Dalam kegiatan pemeriksaan selama arus mudik beberapa hari ini pihaknya telah melakukan tindakan tegas terhadap puluhan sopir dengan memberikan tilang dan melarang bus yang tidak laik jalan melakukan pelayanan kepada pemudik.

Penumpang bus yang dilarang melakukan perjalanan dialihkan dengan bus pengganti yang sudah melalui pemeriksaan dan dinyatakan laik jalan.

(Abdul Hamid)