Jakarta, aktual.com – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mendirikan Koperasi Nasional Pemuda Indonesia dalam rangka ikut serta berpartisipasi memajukan ekonomi bangsa.

Demikian disampaikan Bendahara Umum KNPI Reza Eka Pahlevi dalam sambutan disela-sela acara, Jalan Bangka XI Nomor 5, Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (23/7).

“Ini sekaligus menjawab tantangan dari para senior. Apa nih kerja nyata yang mau dibikin,” katanya.

Dikatakan dia, Koperasi Nasional Pemuda Indonesia merupakan bagian dari program kerja nyata yang dilandaskan atas aspirasi yang diserap dari para anggota.

“Koperasi ini didirikan dengan mencermati aspirasi dari para anggota KNPI yang memerlukan wadah untuk aktualisasi dalam berwirausaha,” jelas dia.

Sehingga diharapkannya KNPI dengan semua jaringannya bersinergi dengan visi ke wirausahaan mampu memberikan warna tersendiri bagi gerakan kepemudaan.

Ia menjelaskan, bentuk koperasi yang melandaskan pada kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat dan asas kekeluargaan sebagai wadah yang tepat dalam sebuah gerakan ekpansi KNPI yang lebih tajam dan fokus pada kemandirian pemuda.

“Kita memulainya dengan beberapa langkah penting, pembangunan kesekretariatan, perekrutan sumber daya yang kompeten, sikronisasi peluang, network dan kemampuan dasar yang dimiliki koperasi hingga pelatihan kewirausahaan,” papar Reza.

Lebih lanjut, di katakannya, koperasi ini akan tetap berjalan dengan lima pilar. Diantaranya adalah membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya demi meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial, keanggotaan yang terbuka bagi anggota KNPI, pembagian sisa hasil usaha kepada anggota proposional dengan pembeliannya, mengadakan pendidikan bagi anggota-anggotanya tentang asas koperasi dan perdagangan yang saling membantu, serta netral dalam aliran agama dan politik.

“Koperasi ini adalah milik pemuda mandiri, sedikit mengambil pidato dan pemikiran Bung Hatta,” jelasnya.

Semangat Bung Hatta selaku Bapak Koperasi diakuinya yang menginspirasi Koperasi Nasional Pemuda Indonesia selayaknya keluarga yang akan berjuang bersama dan bertanggungjawab atas keberhasilan Koperasi.

‚ÄúPerekonomian sebagai usaha bersama dengan berdasarkan kekeluargaan adalah koperasi, karena koperasilah yang menyatakan kerja sama antara mereka yang berusaha sebagai suatu keluarga. Di sini tak ada pertentangan antara majikan dan buruh, antara pemimpin dan pekerja. Segala yang bekerja adalah anggota dari koperasinya, sama-sama bertanggung jawab atas keselamatan koperasinya itu,” paparnya.

“Sebagaimana orang sekeluarga bertanggung jawab atas keselamatan rumah tangganya, demikian pula para anggota koperasi sama-sama bertanggung jawab atas koperasi mereka. Makmur koperasinya, makmurlah hidup mereka bersama, rusak koperasinya, rusaklah hidup mereka bersama,” lanjut dia mengutip pernyataan Bung Hatta.

Selain dihadiri oleh lebih dari 20 pendiri, hadir juga dalam acara pendirian Koperasi Nasional Pemuda Indonesia ini Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama dan Sekretaris Jenderal Jackson Kumaat.

Dalam sambutannya, Haris mengaku sangat bersyukur atas didirikannya Koperasi Nasional Pemuda Indonesia. Diharapkannya koperasi itu dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas, tidak hanya Anggota KNPI.

“Saya berharap koperasi ini bisa mensejahterakan semua anggota KNPI yang ada di Indonesia. Semoga ini menjadi langkah awal membangun bangsa Indonesia,” pungkas Haris.

(Zaenal Arifin)