Jakarta, Aktual.com — Di Bulan Ramadan ini, banyak sekali kegiatan Islam yang dilakukan di berbagai Masjid. Seperti halnya Masjid Agung Sunda Kelapa yang berada di wilayah Jakarta Pusat. Masjid ini tak pernah sepi dari para jemaah. Terutama ketika bulan Ramadan tiba.

Ivana salah satu panitia Ramadan sekaligus pengurus dari Masjid Sunda Kelapa, menjelaskan, banyaknya kegiatan yang dilakukan di Masjid Tak Berkubah tersebut.

“Di Masjid Sunda Kelapa, untuk keseluruhan kegiatan kami mempunyai beberapa bidang-bidang agar lebih terkoordinir. Seperti bidang dakwah, lembaga, usaha, dan khusus penyedia nasi box,” ucapnya, di Jakarta.

Ada pun kegiatan yang dilakukan selama bulan puasa di Masjid Sunda Kelapa ini di antaranya:

1. Ceramah menarik. Di Masjid Sunda Kelapa, pihak penyelenggara mengadakan ceramah yang berlangsung ketika salat tarawih dan juga ketika salat Subuh. Namun, spesialnya justru ada ceramah-ceramah menarik ketika Zuhur. Jadwal pun sudah ditetapkan oileh panitia.

2. Itikaf selama 10 Hari menjelang Idul Fitri. Masjid Sunda Kelapa bersama-sama mengadakan Itikaf di Masjid Sunda Kelapa selama 24 jam beribadah. Selain itu, juga ada tadarusan hingga tengah malam.

3. Di Masjid Sunda Kelapa terdapat organisasi RISKA (Remaja Islam Sunda Kelapa). Masjid Sunda Kelapa mengadakan Pesantren kilat selama dua hari bagi para karyawan dan masyarakat umum untuk menginap di Masjid atau Hotel terdekat untuk mendapatkan pelajaran Islam.

4. Di sana juga terdapat PASKA (Pendidikan Anak Asuh Sunda Kelapa). Hingga saat ini, di Masjid Sunda Kelapa memiliki 200 anak asuh. Dan, untuk program Ramadan, mulai tanggal 21 Juni hingga 8 Juli Masjid Sunda Kelapa juga menggelar Pesantren, di ruang bawah Masjid. Bagi anak yang ingin bergabung silahkan mendaftar ke Masjid Sunda Kelapa.

5. Bazar Ramadan. Pihak Masjid Sunda Kelapa setiap tahunnya di bulan Ramadan selalu mengadakan Bazar Ramadan di pelataran Masjid Agung tersebut. Bazar ini terbuka untuk beberapa UKM, agar dapat memberdayakan para Mahasiswa untuk berkreativitas. yang dijual pun beragam, mulai dari makanan, pakaian, obat-obatan dan lain-lain.

Sejumlah Kegiatan di atas terus berkembang setiap tahunnya. hal tersebut diungkapkan oleh Ivana. Karena, tujuan dari Ramadan yakni bagaimana melihat Indahnya Ramadan.

“Judul Ramadan itu kan indahnya Ramadan. Jadi kita ingin menyasar banyak Segmen dari Segi religi. tujuan kita adalah, ingin memberikan spritual untuk kalangan middle low dan juga middle up,” tandas Ivana.

()