Jakarta, Aktual.com – Indonesia dan Mesir harus dapat menjadi poros Islam moderat dunia karena Indonesia merupakan negara mayoritas muslim terbesar, sementara Mesir sebagai negara Arab Muslim terbesar di kawasan dianggap mampu untuk menyebarkan Islam yang moderat.

Melalui keterangan tertulis KBRI Mesir yang diterima di Jakarta, Kamis (5/10) menyebutkan, dalam sebuah seminar di Kairo, Rabu (4/10), anggota Wantimpres, Sidarto Danusubroto, mendorong agar Indonesia dan Mesir dapat menjadi poros Islam Moderat dunia.

“Indonesia sebagai negara mayoritas muslim terbesar, sementara Mesir sebagai negara Arab muslim terbesar di kawasan dianggap mampu untuk menyebarkan Islam yang moderat,” katanya.

Apalagi, lanjut Sidarto, Indonesia dan Mesir adalah dua negara besar yang telah berkontribusi bagi perdamaian dunia di masa yang lalu, khususnya dalam mendorong kemerdekaan bangsa-bangsa dunia ketiga.

“Kedekatan kedua negara di masa lalu hendaklah dapat diterjemahkan dalam konteks kekinian baik kerja sama politik, ekonomi dan sosial budaya,” katanya dalam seminar “Visi Masa Depan Hubungan Indonesia Mesir” yang diselenggarakan oleh KBRI Cairo bekerja sama dengan Pusat Kajian Politik dan Media El-Hewar pada 4 Oktober 2017, dalam rangka memperingati 70 tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Mesir.

“Kita bisa sama-sama mempromosikan Islam yang moderat, damai, berkeadilan dan berkemakmuran. Hal ini karena Mesir memiliki Al-Azhar yang merupakan kiblat dari Islam Sunni dunia,” tambah dia.

 

Ant.

()