Jakarta, Aktual.com – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, mengatakan keberadaan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI perlu ditinjau ulang. Kenapa partai berlambang bola dunia yang dikelilingi sembilan bintang tersebut mengusulkan demikian?

Cak Imin, sapaannya, membeberkan alasannya. Salah satunya berangkat dari usulan arus bawah PKB sebelum Muskernas digelar. Dimana banyak yang mengusulkan pembubaran DPD RI, sehingga mau tidak mau PKB melalui Muskernas kali ini membahasnya.

“Jadi, arus kuat teman-teman dari diskusi Forum Musyawarah Kerja Provinsi banyak yang menganggap DPD tidak berfungsi sama sekali, karena di satu provinsi hanya ada empat anggota DPD,” tutur Cak Imin di lokasi Muskernas PKB di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (5/2) malam.

Sebelum dibawa ke Forum Muskernas, ungkapnya, panitia pengarah atau steering comittee sudah membahasnya poin-poin yang dibawa ke perhelatan Mukernas. Poin demi poin mengenai usulan pembubaran DPD RI ini dimatangkan terlebih dulu sebelum dibawa ke Muskernas.

Menurut kader-kader PKB dibawah, pilihan bagi DPD karena fungsinya yang tidak maksimal ada dua. Pertama, keberadaan saudara muda DPR RI itu dibubarkan dan kedua keberadannya diperkuat melalui penambahan kewenangan DPD.

Usulan arus bawah PKB, lanjut Cak Imin, sudah disampaikan kepada Ketua DPD RI Irman Gusman. Dimana Irman dalam kesempatan itu meminta PKB mendorong diperkuatnya DPD RI ke depan.

“Pak Irman mau penguatan melalui amandemen UUD 1945 dan UU MD3,” katanya.

()