Jakarta, aktual.com –¬†Selain memiliki banyak tempat wisata kekinian dan instagramable, Bogor juga punya tempat wisata alam seperti air terjun yang masih asri dan tak banyak orang tahu. Penasaran? Coba simak ke lima daftarnya berikut ini.

1. Curug Leuwi Liyet: Green Canyon Mini ala Bogor
Curug Leuwi Liyet disebut sebagai salah satu surga tersembunyi yang ada di Bogor. Berada di ketinggian dan dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan membuat suasana Curug Lewui Liyet terasa asri. Curug ini juga digadang-gadang sebagai duplikasi Green Canyon namun hadir dalam ukuran yang lebih mini.

Leuwi Liyet dikelilingi tebing eksotis yang tidak begitu tinggi. Disebut duplikasi Green Canyon, lantaran air yang mengalir begitu jernih dengan warna biru tosca yang sejuk ketika dipandang. Bagi Anda yang berkunjung ke sini, berenang tentu menjadi aktivitas yang tak boleh dilewatkan.

2. Curug Cikuwulung: Air Terjun Unik yang Berada di Tengah Lembah
Berbeda dengan wisata air terjun lainnya, Curug Cikuwulung sangat unik karena lokasinya yang berada di tengah lembah.

Untuk mencapai lokasi air terjun, Anda harus melakukan tracking menuruni tebing menggunakan tangga sederhana yang disediakan oleh masyarakat sekitar.

Curug Cikuwulung dikelilingi oleh tebing berupa susunan bebatuan yang eksotis. Warna air biru kehijauan yang ada di kolam di bawah air terjun mampu menggugah siapa saja untuk berendam di sana. Lebih dari itu, kondisi Curug Cikuwulung yang masih alami ditambah dengan suara gemercik air dan kicauan burung yang saling berpadu membuat suasana begitu syahdu.

3. Curug Kiara: Dibutuhkan Jiwa Petualang untuk Mengunjunginya.


Bagi Anda yang mengaku traveler sejati, Curug Kiara wajib ada di daftar tempat liburan yang harus dikunjungi selama di Bogor. Lokasinya yang tersembunyi di antara deretan tebing yang menjulang tinggi membuat medan menuju lokasi air terjun agak sedikit sulit.

Selama perjalanan, Anda harus selalu berhati-hati. Apalagi ketika menuruni tangga bambu yang memiliki kemiringan 90 derajat ditambah dengan permukaannya yang licin.

Setibanya di lokasi air terjun, Anda akan disajikan deretan tebing yang membentang tinggi dan memesona layaknya tebing-tebing yang ada di film Jurassic Park. Udaranya pun terasa sejuk dan air yang mengalir begitu jernih.

4. Curug Balong Endah: Memiliki Air Sejernih Kaca
Freedive di laut mungkin sudah biasa, namun bagaimana bila freedive dilakukan di air terjun? Tenang, hal tersebut masih mungkin untuk dilakukan kok. Coba saja datang ke Curug Balong Endah yang ada di Bogor. Air kolam yang berada di bawah air terjun ini benar-benar jernih nyaris menyerupai kaca.

Kolam Curug Balong Endah sendiri memiliki kedalaman antara 1,5 hingga 2 meter. Bagi Anda yang tak bisa berenang, bisa bermain air di pinggiran kolam yang tak begitu dalam. Oh iya, jangan lupa jaga kondisi fisik Anda bila ingin berkunjung ke sini. Pasalnya, medan yang dilalui terbilang sulit dan cukup menantang.

5. Curug Mariuk: Menyimpan Keindahan Tersembunyi
Satu lagi air terjun di Bogor yang masih asri dan asing ialah Curug Mariuk. Memang belum banyak wisatawan yang berkunjung ke sini lantaran lokasinya yang tersembunyi dan sulit diakses. Meski begitu, pemandangan indah senantiasa akan menemani langkah Anda menuju lokasi air terjun.

Setibanya di Curug Mariuk, Anda akan disambut dengan air kolam berwarna jernih kehijauan yang dijamin mampu menghilangkan penat. Kalau punya hobi menantang adrenalin, cobalah melompat dari atas batu yang ada di pinggir air terjun.

Selain kelima tempat di atas, pastikan untuk berkunjung ke tempat wisata di Bogor yang lainnya, ya. Untuk memudahkan akomodasi, jangan lupa memesan penginapan yang ada di Bogor melalui website atau aplikasi Airy  Rooms. Di sini Anda bisa mendapatkan hotel di Bogor lengkap dengan tujuh fasilitas menarik, salah satunya yaitu pancuran air hangat yang tentunya sangat berguna mengingat suasana Bogor yang cukup dingin. Cara bayarnya pun tak susah, Anda bisa menggunakan kartu kredit atau transfer.

(Zaenal Arifin)