Jakarta, Aktual.com – Aktivitas kita sehari hari pasti tidak terlepas dari kendaraan, baik kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Nah, bagi yang memiliki kendaraan pribadi termasuk mobil, penting untuk memiliki asuransi mobil all risk ataupun asuransi TLO yang mampu memberikan keringanan biaya perbaikan jika terjadi kerusakan.

Nah, buat yang memiliki mobil, tapi belum tahu tentang asuransi mobil all risk ataupun TLO, Anda perlu menyimak ulasan Lifepal berikut ini.

Perbedaan asuransi all risk dan TLO

Ada 2 jenis produk asuransi mobil, yaitu All risk dan Total Loss Only (TLO), Nah yang menjadi perbedaannya adalah dari proteksi yang diberikan.

Pada asuransi All Risk, kita mendapatkan perlindungan yang menyeluruh pada semua resiko kendaraan, kecuali jika ada pengecualian yang telah disepakati. Harga asuransi mobil all risk dapat dikatakan cukup mahal ketimbang dengan asuransi mobil lainnya seperti Total Loss Only atau TLO.

Hal ini dikarenakan proteksi yang diberikan kedua jenis asuransi tersebut berbeda, di mana asuransi all risk memberikan perlindungan menyeluruh untuk mobil termasuk pula saat kehilangan.

Sementara asuransi TLO hanya melindungi kendaraan jika terjadi kerusakan total minimal 75% kerusakan atau kehilangan. Dengan besarnya patokan yang diberikan, dapat dikatakan asuransi TLO hanya ditujukan untuk nasabah yang kendaraannya mengalami kerusakan berat sehingga dipastikan tidak dapat digunakan kembali.

Namun, premi asuransi TLO tergolong unggul sebab harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan harga asuransi mobil all risk.

Perbedaan perlindungan ini membuat orang lebih banyak memilih asuransi all risk, khususnya untuk kendaraan yang masih baru (di bawah lima tahun), meskipun besaran preminya lebih mahal dibandingkan asuransi TLO.

Perhitungan premi asuransi mobil all risk dan TLO
Jika kita sudah mengetahui perbedaan nya, Saatnya kita mempelajari perhitungan premi kedua asuransi tersebut. Tapi tentu saja setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan yang berbeda.

Namun, pada umumnya, premi asuransi TLO maupun all risk didasarkan pada rate asuransi yang dikalikan harga mobil. Rate-nya sendiri tergantung keberadaan wilayah di mana Anda mengajukan asuransinya.

(Andy AbdulHamid)