Jakarta, Aktual.co — Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Yasonna Laoly tidak menghadiri rapat kerja dengan Komisi III dan Pansel Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dijadwalkan berlangsung hari ini, Senin (24/11) dengan alasan tengah menghadiri rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo.
Rapat dengan agenda mendengar masukan terkait pemilihan calon pimpinan KPK sendiri dibuka  pukul 10.15 WIB dan diskors hingga pukul 10.30 WIB. Pada saat skors dicabut, Ketua Komisi III Azis Syamsuddin mengumumkan jika Laoly berhalangan hadir. Padahal rapat sudah dihadiri Pansel Pimpinan KPK seperti Amir Syamsuddin, Imam Prasodjo, dan Komaruddin Hidayat 
“Menteri tidak bisa hadir karena ada rapat terbatas dengan presiden dan meminta raker dijadwalkan kembali,” jelas Azis. 
Laoly lewat surat yang dikirimkan ke Komisi III, meminta agar rapat kerja ini dijadwal ulang. Tetapi, Azis mengatakan ketidakhadiran Menkum HAM sendiri dapat diabaikan pasalnya, agenda pemilihan pimpinan KPK sudah mendesak.
Sebelumnya diberitakan,  jika Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan agar para menteri dan pejabat setingkat menteri tidak hadir ke DPR untuk sementara waktu, hingga DPR benar-benar solid. Instruksi ini dituangkan dalam surat edaran yang ditandatangani oleh Seskab Andi Widjajanto.

()