Ratu Inggris dengan Bentley State Limousine Miliknya
Ratu Inggris dengan Bentley State Limousine Miliknya

Jakarta, Aktual.com — Mobil termahal di dunia hanya pantas digunakan oleh orang-orang terkaya di dunia. Siapa bilang? Nyatanya, banyak kepala negara yang dalam menjalankan tugas serta kewajibannya juga didukung dengan fasilitas top dunia, termasuk salah satunya adalah mobil mewah dengan fitur yang dapat menjamin keselamatannya saat bertugas di manapun dan kapanpun.

Mobil-mobil termahal yang digunakan oleh kepala negara tersebut pun dibanderol dengan harga yang luar biasa mahalnya mencapai miliaran hingga ratusan miliar jika dikonversikan ke dalam rupiah. Penasaran siapa saja sih kepala negara yang memakai mobil-mobil mewah tersebut? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Ratu Inggris – Bentley State Limousine (Rp208 Miliar)
Mobil kenegaraan termahal pada peringkat pertama diduduki oleh Ratu Inggris untuk menunjang tugas serta kewajibannya menjalankan keseharian sebagai ratu. Mobil mewah ini dibanderol dengan harga US$15 juta atau sekitar Rp208 Miliar. Mobil keluaran Bentley ini secara khusus memang sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan sang Ratu, tidak hanya itu mobil ini juga secara khusus dibuat persis bertepatan dengan ulang tahun Bentley yang ke-50.

2. Amerika Serikat – Cadillac One (Rp20,8 miliar)
Peringkat berikutnya diisi oleh mobil kenegaraan milik Amerika Serikat yang telah diproduksi oleh General Motors, dan telah bertahan digunakan selama 80 tahun terakhir. Cadillac one merupakan mobil dengan desain limousine yang dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung tugas negara Presiden Amerika Serikat seperti body yang dilapisi dengan baja anti peluru. Hal tersebut digunakan agar tak mengulangi kesalahan yang sama pada mantan Presiden Amerika yang tewas tertembak John F. Kennedy. Tidak hanya menjaga keselamatan Presiden, namun mobil ini juga mampu menyimpan simpanan darah dan tabung oksigen yang bisa digunakan jika diperlukan.

3. China – Hongqi Limousine (Rp11,1 miliar)
Mobil yang satu ini memang sangat spesial dibuat khusus untuk kepala negara China. Hongqi sendiri memiliki arti bendera merah yang merepresentasikan lambang negara sosialis, China. Keunggulannya, mobil ini dapat mencapai kecepatan 100 km per jam hanya dalam 8 detik saja. Soal harga, mobil ini juga terbilang sangat mahal yaitu US$801,624 atau setara dengan Rp11,1 miliar.

4. Vatikan – Mercedes Benz M-Class (Rp7,29 miliar)
Negara yang agamis ini dipimpin oleh seorang uskup agung dan dalam menjalankan tugas kenegaraannya, ia didukung dengan mobil putih edisi spesial Mercedes Benz yang didesain khusus untuk sang uskup agung. Mobil ini lebih dikenal sebagai Pepemobile karena dengan mobil ini, uskup agung dapat melambaikan tangannya lebih dekat kepada para pengikutnya.

5. Thailand – Maybach 62 Limousine (Rp6,94 miliar)
Di kawasan Asia Tenggara ada Thailand yang menduduki peringkat lima dalam daftar urutan mobil kenegaraan yang paling mahal di dunia. Mobil ini merupakan mobil resmi untuk raja Thailand, Bhumibol Adulyadej dan keluarga yang dibanderol dengan harga US$500.000 atau sama saja dengan Rp6,94 miliar jika dikonversikan. Fitur mewah dari mobil ini terletak pada mesin V12 dan interiornya yang ciamik sekali. Fitur-fitur lainnya dalam mobil ini ialah fitur-fitur elektronik yang sangat nyaman digunakan seperti DVD, VCD, kulkas dan video games yang bisa dinikmati oleh anak-anaknya.

Itulah informasi beberapa ulasan kepala negara yang mempunyai mobil termahal di dunia dengan teknologi dan cita rasa yang mewah.

(Arbie Marwan)