Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani memimpin rapat membahas keamanan jelang Asian Games 2018 di kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (17/5/18). Rapat tersebut dihadiri oleh Wakapolri Komjen Pol Syafruddin, Menteri Perhubungan Budi Karya, Ketua Pelaksana Asian Para Games (INAPGOC) Raja Sapta Oktohari, Wakil Ketua Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) Sjafrie Sjamsoeddin. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Puan Maharani, sosok perempuan ini sudah sangat familiar di kalangan masyarakat sebagai putri dari Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan.

Darah politik tampaknya mengalir dari kedua orang tuanya, baik sang ibu, Megawati, maupun sang ayah, Taufik Kiemas yang pernah menjabat Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI.

Cucu dari Presiden pertama RI sekaligus Proklamator Soekarno ini sudah mengenal dunia politik sejak usia muda dan digadang-gadang meneruskan tradisi politik dalam keluarga Soekarno.

Pemilik nama lengkap Puan Maharani Nakshatra Kusyala itu mendapatkan gelar sarjananya dari Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Indonesia.

Puan kecil mengenyam pendidikan dasarnya di Sekolah Dasar (SD) Perguruan Cikini yang diselesaikannya pada 1985, kemudian dilanjutkan di SMP dan SMA Perguruan Cikini.

Lulus dari SMA pada 1991, Puan Maharani kemudian melanjutkan ke Jurusan Ilmu Komunikasi Massa, FISIP, UI, yang diselesaikannya pada 1997.

(Abdul Hamid)