Foto yang dirilis Pasukan Pertahanan Israel (IDF) pada 17 Desember 2023 ini memperlihatkan seorang tentara Israel berjaga di luar sistem terowongan bawah tanah besar Hamas yang ditemukan di Jalur Gaza. ANTARA/Xinhua

Gaza, aktual.com – Tentara Israel pada Senin (26/2) mengungkap perihal serangan terhadap terowongan sepanjang 10 km yang baru saja ditemukan di Jalur Gaza, dan mengeklaim telah mengidentifikasi jenazah sejumlah anggota Hamas di dalam fasilitas tersebut.

Mengutip Komandan Brigade Nahal Israel Yair Zukerman, radio publik berbahasa Ibrani melaporkan bahwa terowongan tersebut, yang menghubungkan bagian utara dan selatan Jalur Gaza, ditemukan dalam beberapa pekan terakhir oleh pasukan brigade tersebut yang bekerja sama dengan pasukan zeni tempur Israel.

Tentara Israel mengatakan terowongan tersebut membentang di bawah Rumah Sakit Persahabatan Turkiye, Universitas Al-Isra di Gaza, dan permukiman Al-Zaytoun di Gaza, seraya menambahkan bahwa Hamas menggunakan terowongan tersebut untuk mengangkut elemen-elemennya ke brigade-brigade yang berbeda di daerah kantong Palestina tersebut.

Tentara Israel mengatakan telah menghancurkan sebagian besar terowongan tersebut setelah memeriksanya, dan mengeklaim bahwa beberapa jenazah yang ditemukan di lokasi tersebut diidentifikasi sebagai anggota Hamas. Tempat tinggal, toilet, gudang senjata, dan peralatan tempur juga ditemukan di dalam terowongan itu.

Hamas belum memberikan tanggapan terkait laporan tersebut.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Rizky Zulkarnain

Tinggalkan Balasan