Karyono Wibowo

Jakarta, Aktual.com – Posisi Erick Tohir yang menjadi ketua tim kampanye Jokowi-Ma’ruf bukan tanpa tantangan. Sejumlah tantangan yang dihadapi tim Jokowi-Ma’ruf diantaranya yang terberat adalah menyolidkan seluruh tim koalisi jangan sampai terbelah.

“Selain itu, tantangan yang terberat saat ini adalah menghadapi isu-isu ekonomi yang ditandai melemahnya nilai rupiah terhadap dollar Amerika. Selain masalah kurs rupiah yang anjlok, isu ekonomi lainnya seperti isu masuknya tenaga kerja asing, isu utang, dll juga memerlukan strategi tersendiri,” kata peneliti senior Karyono Wibowo dalam keteranganya yang diterima redaksi, Kamis (7/9).

Di sisi lain, lanjut dia, realitas politik yang penuh propaganda SARA dan isu-isu negatif campaign dan black campaign menjadi tantangan yang memerlukan kearifan, kecerdasan dan kelihaian untuk menanganinya.

Sekalipun Erick Thohir merupakan sosok yang cukup piawai dalam memimpin organisasi. Dia orang yang memiliki multi talenta. Rekam jejak kepiawaian memempin bisa dilihat dari mulai bidang olah raga hingga bisnis.

“Keberhasilannya memimpin penyelenggaraan Asian Game ke 18 membuktikan kemahiran dan kematangan dari seorang Erick Thohir,” kata dia.

(Andy AbdulHamid)