Jakarta, Aktual.com – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menilai, kesiapan jalur mudik 2018 lebih baik dibanding 2017 karena tersedia tiga pilihan rute jalan nasional.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa selain di Pulau Jawa, Menteri Basuki juga mengatakan telah menugaskan seluruh pejabat eselon satu di Kementerian PUPR untuk mengecek kesiapan jalan nasional yang akan digunakan sebagai jalur mudik di Pulau Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan dan Sulawesi.

“Saat ini sudah saya terima laporannya, salah satunya yakni jalan lintas timur Sumatera kondisinya cukup baik dan siap dilalui. Kementerian PUPR siagakan tim tanggap bencana dalam antisipasi keadaan darurat berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan,” ungkapnya, Selasa (5/6).

Kondisi tol Sementara untuk pilihan jalan tol, Menteri Basuki menjelaskan, tol siap dilalui dari Merak ke Pasuruan sepanjang 995 km, dengan rincian 760 km telah operasional dan sisanya 235 km fungsional.

Beberapa titik kritis karena ada pekerjaan konstruksi yang belum selesai dan telah disiapkan Plan B, seperti di Jembatan Kali Kenteng (500 m) di Ruas Salatiga-Kartasura dan Jembatan Kali Kuto (100 m) di Ruas Batang-Semarang.

(Andy AbdulHamid)