Jakarta, aktual.com – Ketua Umum Perkumpulan Pondok Pesantren Al-Bismi Jawa Tengah Imam Prayogo, mengatakan Pemimpin adalah panutan bagi pribadi pemimpin tersebut, dan juga bagi masyarakat umum. Tindak tanduk atau adab seorang pemimpin dianggap penting dalam memilih pemimpin seperti bupati, gubernur bahkan presiden.

“Memilih pemimpin bukan hanya urusan dunia saja, melainkan juga kehidupan akhirat dari sudut pandang agama, karena Islam tidak menganut dikotomi atau sekulerisasi, yang memisahkan antara dunia dan akirat,” ujar pria yang katib disapa Gus Im dalam diskusi daring dan luring memperingati Hari Santri di Magelang, Jawa Tengah, Kamis (21/10/2021).

Untuk memilih seorang pemimpin disemua level, kata Gus Im, dibutuhkan empat syarat seseorang layak untuk dipilih sebagai seorang pemimpin berdasarkan surah Al Maidah ayat 55.

“Syarat pertama adalah mukmin dan muslim yang baik memiliki dua sifat, yaitu “hafizhun ‘alim”,” ungkapnya.

Dijelaskan Gus Im, “Hafizhun” memiliki arti orang yang pandai menjaga, yakni orang yang berintegritas, berkepribadian kuat, amanah, jujur dan berakhlak mulia hingga patut jadi teladan bagi orang lain atau rakyat yang dipimpinnya.

“Adapun “Alim”, artinya orang berkemampuan, dan berpengetahuan memadai guna memimpin rakyat dan membawa hidup sejahtera,” paparnya.

(Zaenal Arifin)
1
2
3