Ilustrasi Toko sembako

Ternate, Aktual.com – Kepolisian┬áResort (Polres) Ternate, Maluku Utara (Malut) intensif melakukan pengawasan adanya penimbunan berbagai kebutuhan sembako dan ketersediaan pangan menjelang perayaan hari natal dan tahun baru di daerah ini.

“Tim Satgas akan terus memantau dan mengantisipasi adanya penimbunan berbagai kebutuhan pangan, karena menjelang hari besar keagamaan tentunya ada permainan harga yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab,” kata Kapolres Ternate, AKBP Andik Purnomo S di Ternate, Ahad (18/12).

Oleh karena itu, pihaknya akan terus memantau ketersediaan pangan dan intensif berkoordinasi dengan pemerintah daerah, dalam mendukung ketersediaan pangan jelang hari natal dan tahun baru 2023.

Selain itu, dalam momentum perayaan hari besar keagamaan ini, pihaknya berharap Pemkot Ternate dan berbagai pihak dapat mendukung adanya pasar murah maupun operasi pasar dengan menjual berbagai kebutuhan sembako dan pangan dengan harga murah, sehingga dapat menekan kenaikan harga barang.

Sementara, pihak Disperindag Kota Ternate mengakui, hingga kini, harga berbagai kebutuhan pangan dan sembako untuk masyarakat, terutama bagi warga yang akan merayakan hari natal masih terpenuhi.

Sementara itu, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Kota Ternate, akan menyiapkan enam titik posko dalam mendukung persiapan arus menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Kepala Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Laut (KSOP) Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, Plening menyatakan pihaknya siapkan sebanyak enam posko dan Posko induknya ada di KSOP Pelabuhan Ahmad Yani dan akan ada personel yang disiapkan di Pelabuhan Bastiong, Pelabuhan Semut Mangga dua, dan Pelabuhan Dufa-Dufa.

“KSOP telah melakukan rapat koordinasi dengan beberapa pemangku kepentingan dalam rangka persiapan Nataru dan KSOP Ternate melibatkan seluruh stakeholder terkait, untuk posko pemantauan kami berkoordinasi dengan Badan SAR Nasional, Polisi Perairan dan Udara, TNI Angkatan Laut, Polres Ternate, dan shipping line seperti Pelni,” katanya.

Dia menyebut, dalam memantau aktivitas masyarakat menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 mendatang, akan dilakukan pemeriksaan kelaikan serta inspeksi sistem keselamatan pelayaran untuk mencegah terjadinya kecelakaan kapal.

(Andy Abdul Hamid)