Ketua DPR RI Terpilih dari Fraksi PDIP Puan Maharani didampingi Presiden ke 5 Megawati Soekarnoputri dan Wakil Ketua DPR terpilih dari Fraksi Partai Golkar Azis Syamsudin, Wakil Ketua DPR terpilih dari Fraksi Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan Wakil Ketua DPR terpilih dari Fraksi Nasdem Rahmat Gobel dan Wakil Ketua DPR terpilih dari Fraksi PKH A Muhaimin Iskandar usai mengambil sumpah jabatan sebagai Ketua DPR periode 2019-2024 dalam Rapat Paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019). Rapat Paripurna DPR dengan Agenda Penetapan Pimpinan DPR dengan pimpinan sementara DPR yaitu Abdul Wahab Dalimunthe SH dari Fraksi Partai Demokrat, dapil Sumut 1 dan Wakil ketua sementara, Hillary Brigitta Lasut, Nasdem, dapil Sulut. Dan Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali memandu Sumpah Jabatan Pimpinan DPR. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Pimpinan MPR dari unsur kelompok DPD RI, Fadel Muhammad akan menemui Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menjelang pemilihan Ketua MPR RI, Kamis (3/10) malam.

“Saya juga akan bertemu dengan Ibu Megawati, saya kenal baik dengan beliau. Saya akan konsultasi dengan beliau karena PDIP, partai pemenang pemilu,” kata Fadel, ditulis Kamis (3/10).

Dari pembicaraan yang sudah ada, kata dia, terdapat tiga kelompok yang akan memperebutkan kursi Ketua MPR, yaitu Golkar bersama PPP, PKB, dan NasDem.

Kedua, lanjut dia, Gerindra bergabung dengan PDIP, dan kelompok ketiga adalah Demokrat dan PAN.

“DPD nanti akan rapatkan, kita lihat, kalau kami bergabung, katakan tinggal dua kelompok saja. Kami bergabung ke mana? Kalau voting, kami akan menang. Maka, kami akan bicarakan secara internal dengan teman-teman DPD, kemudian kita akan menentukan sikap, apa sikap yang kita mau ambil,” ujarnya.

Fadel berencana pada Kamis (3/10) pagi akan bertemu dengan pimpinan empat partai politik untuk membicarakan peluangnya menjadi Ketua MPR. Namun, tidak disebutkan parpol mana saja.

(Abdul Hamid)