Sejumlah pengendara sepeda motor mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU, Ciawi, Tasikmalaya, Sabtu (23/6). Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Elia Massa Manik memastikan stok bahan bakar mencukupi untuk menunjang pengemudi selama masa puncak mudik lebaran. Stok bahan bakar selama mudik lebaran ini disiapkan 10 persen hingga 20 persen lebih banyak dari jumlah stok normal untuk semua jenis BBM. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Masuk masa liburan akhir tahun 2017, Kementerian ESDM menyampaikan bahwasanya pasokan listrik dan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia masih aman dan terkendali. Begitupun penyaluran LPG masih berjalan normal.

Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik, dan Kerjasama Kementerian ESDM, Agung Pribadi menjelaskan; stok ketahanan untuk tiap jenis BBM yakni Premium (26,9 hari); Solar/Akrasol (16,79 hari); Pertalite (21,8 hari); Kerosene (47,79 hari); Pertamax/Akra92 (19,46 hari); Pertamax Turbo (26,9 hari); Pertamina Dex (30,4 hari); Dexlite (17,6 hari); LPG (19,51 hari) dan Avtur (28,3 hari).

“Mengantisipasi padatnya arus mudik pada libur panjang Tahun Baru, Pertamina dan AKR juga telah menyiapkan kantong BBM di 4 titik, yaitu SPBU 54.67312, Lumajang; KiosK Pertamax, Jalan Daendels Purworejo; Jl Raya Semarang-Kendal, Kec. Mangkang; dan SPBU 54.68130, Jember,” kata Agung secara tertulis Selasa (26/12).

Selain itu Pemudik juga dapat memanfaatkan Kiosk Pertamax/AKR 92 yang terdapat di Rest Area KM 252 (Tol Pejagan-Pemalang); Tol Teluk Mengkudu (Medan); Pos Polisi Cikopo; Tol Krian Rest Area KM 726 Jalur B; Tol Kedung Mlati (Tol Jombang-Kertosono); dan Kiosk Jalan Daendels, Purworejo.

Lalu Pertamax Motor juga telah disiapkan setidaknya di 4 lokasi berikut, Jalan Raya Dampyak, Tegal; Jalan Lapangan Merdeka, Pekalongan; Pelabuhan Bakauheni; dan Jalan Raya Kaligangsa, Tegal.

(Reporter: Dadangsah Dapunta)

(Dadangsah Dapunta)

(Eka)