Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian (kanan) memberikan ucapan selamat kepada Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol. Budi Gunawan (kiri) usai upacara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (9/9). Presiden Joko Widodo melantik Kepala BIN Jenderal Pol. Budi Gunawan yang menggantikan Sutiyoso. ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf/Spt/16.

Jakarta, Aktual.com – Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Budi Gunawan resmi pensiun dari Polri, berdasarkan Surat Telegram ST/15/I/2018 tertanggal (5/1) yang ditandatangani Asisten Kapolri Bidang SDM Polri, Irjen Arief Sulistyanto.

Dalam Surat Telegram itu, terdapat sejumlah jenderal lainnya yang turun pensiun. Di antaranya adalah Irjen Arief Dharmawan yang bertugas di BNPT. Kemudian ada Irjen Bambang Hermanu yang bertugas pada Wantannas dan Irjen Nicolaus Eko Riwayanto yang ditugaskan sebagai Asisten Staf Khusus Presiden.

Meski telah memasuki masa purna tugas, Budi Gunawan tetap masih menjabat sebagai Kepala BIN. Sebab jabatan tersebut tidak termasuk dalam struktur kepolisian.

“Pak BG pensiun dari Polri, tetapi tetap jadi kepala BIN karena BIN tidak berdasar dari Polri. Sebagai polisi beliau pensiun karena usianya sudah 58 tahun, sesuai regulasi,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen M Iqbal saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (6/1).

Selain Budi Gunawan, ada juga nama Irjen Satria Firdaus Maseo yang menjabat Analis Kebijakan Utama Bidang Polair Koprs Polairud Baharkam Polri.

(Andy AbdulHamid)