Jakarta, Aktual.com – Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat (PD), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebut, dirinya akan melempar senyuman ke peserta Kongres Luar Biasa (KLB) versi Deli Serdang, Sumatera Utara, yang menetapkan Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko sebagai Ketum PD 2021-2025.

Senyuman tersebut akan diberikan jika kubu AHY bertemu peserta KLB Sumut di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Senin (8/3) siang.

“Ya, senyumin aja nanti,” kata AHY.

AHY beserta pengurus pusat dan daerah, mengunjungi Kemenkumham untuk bertemu dengan Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU), Cahyo R Muzhar. Ketum Demokrat itu, akan membawa surat berisi laporan pelanggaran anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART) yang dilakukan oleh peserta kongres.

Selain itu, AHY juga akan membawa dokumen AD/ART Partai Demokrat dan surat keputusan pengangkatan 34 Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) serta 514 Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC), yang merupakan pemilik suara sah dalam partai yang berlogokan lambang mercy tersebut.

“Kami membawa surat keputusan, SK, tentang status ketua DPD, ada 34 se-Indonesia, 514 ketua DPC se-Indonesia yang sah, yang memegang hak suara dan konstitusi di Partai Demokrat,” tutur AHY.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat versi Deli Serdang, Marzuki Alie menyebut, pihaknya akan menyerahkan berkas hasil KLB ke Kemenkumham untuk disahkan, Senin (8/3).

“Senin besok pengurus Demokrat hasil KLB akan menyerahkan berkas ke Kementerian Hukum dan HAM untuk dipelajari dan disahkan karena Demokrat hasil KLB merupakan Demokrat yang sah dan KLB dilakukan karena kader menginginkan pembenahan Demokrat untuk menjadi partai terbuka bagi siapa pun,” kata mantan Ketua DPR ini.(RRI)

(Warto'i)