Jakarta, Aktual.com – Pemerintahan di bawah Presiden Joko Widodo (Jokowi) gencar menerbitkan skema kartu. Kali ini agar distribusi Kredit Usaha Rakyat (KUR) semakin merata, pemerintah bakal kembali menelurkan sistem kartu.

“Iya kita akan buat kartu untuk penerima KUR ini. Kartu ini enggak pintar-pintar amat ya. Kita mau mengarah ke situ (sistem kartu). Masih digodok, biar petani semakin mudah mendapat KUR,” ujar Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Selasa (14/2).

Mekanisme selama ini, kata dia, pemerintah akui para petani atau masyarakat berpenghasilan rendah yang mau mengakses KUR kerap kesulitan. Jika ada kartu ini akan semakin mudah dan datanya semakin terekam.

“Ini (skema kartu) supaya terecord mengenai masing-masing peminjam. Misal para petani atau peternak dan lainnya, itu sudah masuk sistemnya. Sehingga akan menguntungkan petani,” klaim dia.

Menurutnya, selama ini akses KUR oleh petani cukup lama bisa sampai setahun. Namun begitu dia mengklaim, semua petani baik yang lahannya luas atau sedikit bisa mendapat KUR ini.

“Jadi nantinya, tinggal pakai kartu itu mungkin dalam beberapa hari sudah bisa keluar kreditnya. Gitu loh. Sehingga petani keuntungannya banyak karena enggak perlu pinjam setahun lamanya,” jelas Darmin.

(Busthomi)

()

(Arbie Marwan)