Masjid Raya KH Hasyim Ashari

Jakarta, Aktual.com – Hari ini Presiden Joko Widodo meresmikan penggunaan Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari Jakarta di Jalan Daan Mogot Jakarta Barat. Presiden Jokowi yang mengenakan baju putih dan peci hitam tiba di Masjid KH Asyari sekitar pukul 11.00 WIB, Sabtu (15/4).

Setibanya di lokasi, Presiden Jokowi disambut iringan musik rebana. Presiden kemudian disambut Plt Gubernur DKI Jakarta Soemarsono. Hadir juga dalam acara itu Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Kepala Kantor Staf Kepresidenan Teten Masduki, tokoh NU Solahuddin Wahid dan Yenny Wahid.

Presiden Jokowi direncanakan meresmikan penggunaan masjid itu dengan memukul bedug.

Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari dibangun di atas lahan seluas 2,4 hektar dengan luas bangunan 16.985,43 meter persegi.

Masjid itu dibangun dengan nilai proyek Rp165 miliar, diambil dari APBD DKI. Pengerjaannya sudah dimulai 2014 oleh Perusahaan swasta PT Ganiko Adi Perkasa.

“Mudah-mudahan semua berjalan lancar, semoga Masjid ini memberi nilai religius bagi masyarakat Jakarta,” kata Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemprov DKI, Arifin.

Peresmian masjid berkapasitas sekitar 16.000 orang jamaah oleh Presiden Jokowi itu juga dihadiri sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, jajaran Musyawarah Pimpinan Daerah di Jakarta dan alim ulama.

(Eka)