Pekerja dengan sepeda motor melintas di salah satu sisi lokasi pembangunan Tol Bawen-Salatiga di Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Rabu (4/1). Pada Februari 2017 PT Trans Marga Jateng (TMJ) selaku operator akan menguji kelayakan tol sepanjang 17,6 kilometer yang hingga pekan pertama Desember 2016 mencapai 74,748 persen tersebut karena diprediksi seluruh pembangunannya selesai pada akhir Januari 2017. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc/17.

Bawen, Aktual.com – Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan ruas tol Bawen-Salatiga sepanjang 17,6 kilometer di jembatan Tuntang, Bawen, Jawa Tengah. Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“(Tol ini) bagian dari jalan tol Jakarta-Semarang, Semarang-Solo, Solo-Surabaya, Surabaya-Banyuwangi. Ini ruas Bawen-Salatiga, yang sudah bertahun-tahun tidak bisa selesai karena masalah pembebasan lahan,” kata Jokowi di Bawen, Jawa Tengah, Sabtu (8/4).

“Tapi alhamdulillah tadi saya tanyakan hampir rata-rata di setiap ruas, setiap seksi 97-99 persen lahan sudah terbebaskan.”

Namun jalan tol yang masuk dalam jalan Tol Trans Jawa itu juga masih akan dilanjutkan ke arah Timur. “Artinya tadi saya sampaikan ke Menteri PU tinggal konstruksi dan kita berharap Insya Allah 2018 akhir, Jakarta-Semarang, Semarang-Solo, Solo-Surabaya sudah tersambung.”

“Kemudian dilanjutkan ke arah Timur, Surabaya-Banyuwangi juga 2019 sudah selesai, kita sambung dari ujung ke ujung di Jawa.”

(Antara)

(Wisnu)
1
2