Jakarta, Aktual.com — Juru masak ternama Indonesia, Chef Vindex V Tengker mengatakan, bahwa kuliner Indonesia bisa bersaing dengan masakan-masakan internasional.

“Kita bisa makanan mereka, mereka tidak bisa masakan kita, jadi saingannya kita lebih bagus. Kita bisa bikin masakan western, memang western bisa bikin makanan kita? Nggak bisa. Makanya kita untung satu,” ungkap Chef Vindex kepada Aktual.com, di even ‘SIAL Interfood 2015’, di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (11/11).

Chef Vindex menambahkan, saat ini masyarakat Indonesia lebih mencari masakan Asia.

“Yang bisa makanan Asia yang cuma orang-orang kita,” katanya lagi.

Di kesempatan yang sama, menurut ia, Indonesia sedang gencar mempromosikan masakan khas Indonesia agar lebih dikenal warga dunia.

“Gencar, semua Departemen, semua orang, Cuma kadang-kadang kurang kompak.‎ Masalahnya adalah bagaimana kita mempromosikan masakan Indonesia secara konsisten,” urainya lagi.

“Sekarang kita nggak konsisten, ‘up down up down’. Kementrian Pariwisata mulai concern ke kuliner setelah itu berhenti, sekarang mulai lagi,” keluhnya menambahkan.

“Jadi kita ini harus kompak antar Departemen, semua elemen, jadi setelah kita promosi tidak selesai gitu aja, tetapi harus nyambung,” katanya lagi.

Lanjutnya, Indonesia harus mengetahui bagaimana mempromosikan makanan cita khas sendiri.

“Anak-anak sekarang memangnya pada tahu cara masak masakan Indonesia, nggak,” ujarnya mengeluhkan.

Sementara itu, Chef murah senyum itu memberikan solusi agar anak-anak mengetahui kuliner Tanah Air. Dimana, tambahnya, berawal dari rumah dan sekolah.

“Sekolah sekarang baru mulai ngajarin Masakan Indonesia, dulu nggak diajarin masakan Indonesia, jadi salahnya kita sebenarnya diawal tidak diajarkan cara memasak.”

“Kita belum terlambat untuk mulai, tetapi kita harus mulai segera kalau tidak susah,” katanya lagi.

Terakhir, ia berharap, masakan Indonesia harus mendunia. Karena, Indonesia punya kekuatan sebenarnya di bidang pangan.

“Makanan kita banyak banget yang bagus tetapi tidak banyak yang tahu,” tandasnya.

()