Jakarta, aktual.com – Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Arsjad Rasjid menilai pemulihan ekonomi di tengah pandemi COVID-19 butuh sinergitas segala sektor bukan hanya pelaku usaha.

Menurut Arsjad, pemulihan ekonomi tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, seluruh sektor harus bersinergi bersama-sama baik pelaku, pemerintah, serta sektor lain. Karena itu, Kadin perlu mengambil peran untuk menjalin kemitraan yang baik antara pelaku usaha dengan pemerintah mulai dari tingkat pusat hingga kabupaten atau kota.

Menurut Arsjad, sinergitas itu untuk menentukan sektor usaha mana yang perlu dimaksimalkan, dan perku diingat potensi masing-masing daerah berbeda. Termasuk bisa bersinergi dengan pemerintah. Juga, perlu memiliki sikap inklusif, kolaboratif .

Inklusif artinya menjadikan Kadin harus bisa merangkul setiap pelaku usaha dengan beragam skala dan jenis industri. Kadin, harus tumbuh secara inklusif. Kolaboratif menjadikan Kadin sebagai tempat bekerja sama untuk membantu sektor kesehatan dan perekonomian Indonesia.

Ketua umum Kadin Maluku, Muhammad Armyn Syarif Latuconsina menilai, majunya Arsjad Rasjid sebagai calon Ketum Kadin Indonesia secara langsung memberikan harapan baru, terhadap Kadin yang ada di seluruh provinsi. Visi untuk berkolaborasi, bersinergi, tidak inklusif, menjadi penting di tengah tantangan ekonomi berat.

“Jika beliau menjadi ketum Kadin Indonesia menjadi harapan. Kami yakin, Arsjad Rasjid mampu merubah semua itu hingga lebih jelas lagi,” kata Muhammad Armyn Syarif Latuconsina ketika dihubungi media, Senin (26/4/2021).

(Zaenal Arifin)