Irjen Karyoto (Wildan Noviansah/detikcom)

Jakarta, aktual.com – Masa kampanye Pemilihan Umum 2024 telah dimulai pada hari ini. Kepala Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta (Kapolda Metro Jaya), Irjen Karyoto, menyatakan kesiapannya untuk menjalankan tugas pengamanan guna memastikan kelancaran rangkaian kampanye di wilayah hukum Polda Metro.

“Insyaallah ya bukan hanya Polri, Polri, TNI pemerintah, Pak Gubernur dan jajarannya, kami semua sudah berupaya untuk membuat yang di awal-awal lalu dengan cipta kondisi. Sekarang sudah masuk fase-fase ya, apa yang menjadi concern kami terhadap tahapan itu kami akan amankan secara maksimal,” kata Karyoto kepada wartawan, Selasa (28/11).

Diketahui bahwa masa kampanye pemilihan umum akan berlangsung selama 75 hari, dimulai dari 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Irjen Karyoto menyatakan kesiapannya untuk mengamankan seluruh proses pemilihan umum di wilayah hukum Polda Metro.

Selain itu, ia mengajak semua pihak untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan selama proses pemilihan umum. Karyoto menekankan bahwa warga tidak perlu terlibat konflik antar sesama warga terkait urusan kampanye.

“Ya sekarang yang paling penting memahamkan kepada grass root, bertikai, bersengketa itu nggak ada gunanya. Karena kita inikan dalam satu perahu, mau ke mana gitu,” ujarnya.

Karyoto menyatakan bahwa keamanan yang disediakan oleh polisi tidak akan membedakan pasangan calon mana pun. Menurutnya, semua pasangan calon akan mendapatkan prioritas yang sama dalam hal pengamanan.

“Tetap sama saja, semua calon itu tentu menjadi prioritas kita semuanya untuk dilakukan pengamanan dan semua pemilih juga sama, tetap kita prioritaskan untuk jadi pemilih yang santun,” ujarnya.

Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya, Kombes Marsudianto, menyatakan bahwa pengamanan akan diatur sesuai dengan jadwal kampanye yang ditetapkan oleh setiap pasangan calon. Personel gabungan akan tetap siaga untuk memastikan kelancaran jalannya kegiatan kampanye.

“Nanti mereka akan memberikan informasi dulu kepada Polri, nanti akan ditembuskan kepada KPU. Sementara ini belum ada pemberitahuan, nanti akan. Kita akan siapkan setelah ada pemberitahuan resmi dari masing-masing pasangan calon maupun dari partai-partai,” ujarnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Rizky Zulkarnain

Tinggalkan Balasan