Heli jatuh
Heli jatuh

Jakarta, Aktual.com – Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta mengatakan agar pemerintah melakukan evaluasi rutin terhadap kondisi alutsista yang dimiliki. Pasalnya, insiden jatuhnya Helly Bell milik TNI Angkatan Darat, di Sleman, Yogyakarta, beberapa hari lalu, terkait dengan ketidaklayakan alutsista.

“Kalau jatuhnya Helly terkait ketidaklayakan alutsista, saya sudah beberapa kali mendorong agar pemerintah rutin untuk mengevaluasi alutsistanya. Yang tidak layak jangan dipakai lagi,” kata Sukamta menjawab pertanyaan aktual.com, di Jakarta, Minggu (10/7).

Akan tetapi, di tengah evaluasi terhadap kelayakan alutsista, tentunya harus diikuti dengan peningkatan anggaran perawatan oleh pemerintah.

“Kita coba terus tingkatkan anggaran untuk alutsista,” sebut politikus PKS itu.

Namun, kata Sukamta, bila kecelakaan itu terjadi akibat human error, artinya kesiapan tidak hanya pada kelayakan alutsita tetapi kelayakan sumber daya manusianya.

“Kalau penyebabnya karena human error, saya juga ingatkan agar kesiapan itu tidak hanya kelayakan alutsista, tapi juga kelayakan faktor sumber daya manusianya,” ujarnya.

“Tapi sekali lagi kita tunggu dulu saja pernyataan resmi dari pemerintah, supaya bisa ketemu solusi yang jitu dan pemerintah bisa segera melaksanakannya,” pungkas wakil rakyat dari Dapil Daerah Istimewa Yogyakarta itu. (Ijal)

(Novrizal Sikumbang)

(Eka)