Jakarta, Aktual.com — Anggota Komisi I DPR RI, Arief S Suditomo mengatakan perlu adanya konfirmasi dan klarifikasi terlebih dahulu melalui pihak kementerian luar negeri terkait dengan dugaan klaim Pulau Manis yang merupakan wilayah utara Batam, oleh Singapura.

“Itu harus di cek dulu, karena itu brosur (yang memuat peta wilayah Singapura dengan memasukan Pulau Manis), kita jangan sampai menciptakan krisis yang tidak perlu. Kalau pada dasarnya proses pengecekan dan komisi dengan pihak luar negeri sudah terjadi, dan sudah terkonfirmasi dari mereka baru kita bisa bereaksi,” kata Arief di Komplek Parlemen, Senayan, Selasa (31/5).

Sementara itu, ketika ditanyakan ikhwal rencan pihak Singapura yang akan menyiapkan Imigrasi dan Bea Cukai khusus melayani pengunjung yang datang ke Pulau Manis tersebut?. Arief mengaku belum mendapat kabar lanjutan tentang itu.

“Saya belum up date dengan hal tersebut, kami (Komisi I ) sedang menunggu konfirmasi dari kementerian luar negeri. Tapi bagi saya tiap jengkal dari wilayah teriori kita integritasnya harus dipertahankan, tidak boleh sejengkalpun dilepas begitu saja tanpa perlawanan, karena itu hak kita,” tandas politikus Hanura dari Dapil Jawa Barat I itu.

(Nebby)