Meutya Hafidz

Jakarta, Wakil Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengatakan komisi akan segera melakukan persiapan untuk dilakukannya fit and proper tes terhadap calon panglima TNI yang telah diajukan Presiden Jokowi kepada pimpinan dewan.

Termasuk, untuk menelisik sejumlah dokumen track record dari calon panglima TNI untuk kemudian dikonfirmasi kepada yang bersangkutan.

“Kemungkinan kan masa sidang ini masih ada waktu 2 minggu jadi saya rasa kita insyallah bisa selesaikan prosesnya, kita ingin segera ya, dua minggu itu cukup karena nanti ada kelengkapan persyaratan, kemudian kita melihat track record, laporan kekayaan segala macam laporan terkait calon panglima TNI ini kita lakukan dalam dua minggu ini,” kata Meutya, Jakarta, Senin (4/12).

Ketika disinggung soal masuknya nama KSAU yang diajukan presiden, politikus Golkar itu mengaku tidak terkejut dengan keputusan tersebut.

“Terkait nama, sebetulnya juga sudah santer diberitakan dan juga info yang masuk ke kami, hari ini itu terkonfirmasi bahwa itu betul KASAU (Hadi Tjahjanto) yang ditunjuk, menurut saya baik karena ada prinsip menumbuhkan kebersamaan dan keadilan di tubuh TNI dan kemudian dari AU yang memang gilirannya atau semangat rotasi (di 3 matra) itu terjadi,” paparnya.

“Ada beberapa masukan atau hal yang lerlu kita pastikan di fit and proper tes nanti tentu terkait dengan persiapan Pilkada dan juga ajang Pemilu yang tidak sampai 2 tahun lagi,” sebut Meutya.

“Memang banyak, ada yang meragukan bertanya apakah KASAU siap cocok atau tidak dalam hal konteks situasi politik seperti ini. Itu yang menurut saya akan menjadi salah satu yang kita akan konfirmasi, jadi itu isu yang akan dan perlu untuk kita konfirmasi kesiapan beliau,” pungkas dia.

Laporan: Novriza Sikumbang

(Nebby)