Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) bersama Wakil Presiden Yusuf Kalla (ketiga kiri), Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri (kedua kanan) dan Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin (kanan) hadir pada pembukaan Kongres V PDIP di Sanur, Bali, Kamis (8/8/2019). Dalam Kongres V PDIP, Megawati Soekarnoputri mengingatkan pesan Bung Karno akan pentingnya menjaga keutuhan bangsa saat Pemilu. Sesuai pesan Bung Karno dalam amanatnya pada tanggal 17 Agustus 1954, menjelang Pemilu Pertama 1955. AKTUAL/HO-Maman Error

Bali, Aktual.com – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengunkapkan bahwa PDI Perjuangan akan menjadi pelopor yang terukur dan terarah untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kongres V merupakan tonggak sejarah baru kepartaian kita untuk semakin meneguhkan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan dasar Negara,” ujar Mega pada Kongres V PDI Perjuangan yang bertema Solid Bergerak untuk Indonesia Raya, Sabtu (10/8).

“Sekaligus sebagai bintang penuntun bagi seluruh gerak dan langkah kita untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” tambahnya.

Mega ingin para kadernya untuk terus berjuanglah tanpa henti dengan kesabaran progresif revolusioner untuk menjadikan PDI Perjuangan sebagai partai pelopor.

“Partai yang terarah dan terukur dalam menghasilkan keputusan politik. Kerja politik utama bagi suatu partai politik harus menghasilkan keputusan politik dengan mengorganisir seluruh tenaga rakyat. Tindakan partai politik harus menghasilkan keputusan politik, bukan sekadar menang elektoral,” kata Mega.

“Menang elektoral harus merupakan buah dari kerja politik, bukan transaksional politik,” ujarnya.

(Abdul Hamid)