Pekerja melintas di bawah jembatan Cisomang yang mengalami pergeseran 53 cm di Jalan Tol Purbaleunyi KM 100, Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (23/12). Direktur Jenderal Bina Marga Arie Setiadi, mengatakan kemiringan jembatan terjadi karena adanya pergeseran permukaan tanah yang menjadi pijakan fondasi akibat curah hujan. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww/16.

Jakarta, Aktual.com – Kepala Korps Lalu Lintas Polri (Kakorlantas) Brigjen Royke Lumowa meminta perbaikan Jembatan Cisomang di Tol Cipularang, Purwakarta, Jawa Barat, yang mengalami pergeseran dan retak konstruksi bisa selesai tepat waktu.

“Kita pressure betul ya, sehingga Jembatan Cisomang ini bisa selesai sesuai jadwal yaitu hingga akhir Maret 2017, sudah harus clear,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (19/1).

Royke yang melakukan pemantauan di sejumlah titik rawan kecelakaan, menjelang arus mudik 2017 menekankan pentingnya perbaikan jembatan Cisomang karena jalur ini akan digunakan arus mudik Idul Fitri mendatang.

“Mudah-mudahan tidak ada lagi hambatan ke depan, dan bisa difungsikan lagi jembatan ini, untuk kelancaran lalu lintas,” katanya.

Kepada pengguna jalan, pihaknya meminta bersabar ketika melintasi jembatan Cisomang. Khususnya bagi kendaraan besar seperti truk dan bus. Sebab, jembatan Cisomang masih dalam tahap perbaikan. Jika dipaksakan masuk, dikhawatirkan justru menimbulkan kecelakaan.

“Karena ini untuk keselamatan kita semua. Kalau semua berbondong-bondong ingin memaksakan masuk ke Cisomang ini kan, resikonya juga sangat besar. Mohon pengertian para pemakai jalan,” jelas Royke.

Pergeseran dan retakan Jembatan Cisomang sendiri pada pekan terakhir bulan Desember lalu mulai diperbaiki. Pihaknya mengalihkan arus lalu lintas, kendaraan berat di Tol Purbaleunyi dialihkan ke luar jalur tol dan kendaraan dari Bandung arah Jakarta keluar lewat gerbang tol Padalarang dan Cikamuning.

Pengguna jalan dapat melintasi Jalan Raya Purwakarta dan bisa masuk tol lagi di gerbang tol Sadang dan Jatiluhur di Kabupaten Purwakarta.

Untuk kendaraan berat di tol dari arah Jakarta menuju Bandung dialihkan ke luar tol yang sama di Purwakarta dan lewat ke Jalan Raya Purwakarta sebelum masuk tol lagi di pintu tol Padalarang.

(Fadlan Syam Butho)

()