Jakarta, Aktual.com – Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat Yuliandre Darwis mengatakan sebanyak empat kategori program siaran televisi (TV) belum memenuhi standar kualitas program penyiaran televisi yang ditetapkan oleh KPI.

“Keempat program tersebut yakni program berita dengan nilai 2.93, variety show 2.75, infotainment 2.56 dan sinetron 2.53,” kata Yuliandre Darwis, Kamis (12/9).

Dia menambahkan rendahnya nilai indeks untuk program berita di periode pertama riset di tahun ini karena faktor ketidakberimbangan dan keberpihakan keterkaitan pemberitaan tentang pemilu 2019.

Yulianus menambahkan selama periode riset yang dilakukan Januari hingga Maret 2019 itu hanya lima lembaga penyiaran yang nilainya menuhi kriteria yakni SCTV, TVRI, Trans TV, Trans 7 dan RTV.

Kemudian untuk kategori sinetron yang perlu menjadi catatan bagi lembaga penyiaran adalah aspek kekerasan dan relevansi cerita perlu diperbaiki.

“Sedangkan untuk program infotaimen aspek yang perlu mendapat perhatian adalah aspek menghormati kehidupan pribadi, menghormati nilai dan norma sosial dan informatif,” kata pria yang akrab disapa Andre itu.

(Abdul Hamid)