Bawang putih sebelum diturunkan dari kontainer saat operasi pasar di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Rabu (17/5/2017). 2 kontainer bawang putih yang diimpor langsung dari China berisi 29 ton ini bertujuan untuk menekan harga bawang putih yang sedang melambung.

Jakarta, Aktual.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis memanggil tiga saksi dalam penyidikan kasus korupsi pengurusan izin impor bawang putih tahun 2019.

Tiga saksi dijadwalkan diperiksa untuk tersangka anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PDIP I Nyoman Dhamantra (INY).

“Hari ini, dijadwalkan pemeriksaan terhadap tiga orang saksi untuk tersangka INY terkait tindak pidana korupsi pengurusan izin impor bawang putih tahun 2019,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (22/8).

Tiga saksi itu, yakni kasir PT Indocev Money Changer Daniar Ramadhan Putri, karyawan PT Indocev Money Changer Indri Nurisyamsi, dan marketing PT Indocev Money Changer Siti Zulfah.

Dalam penyidikan kasus itu, KPK total telah menggeledah 21 lokasi pada enam kota, yaitu Jakarta, Bogor, Bekasi Bandung, Denpasar, dan Solo.

KPK pada Kamis (8/8) telah mengumumkan enam tersangka dalam kasus itu. Sebagai pemberi, yaitu tiga orang dari unsur swasta masing-masing Chandry Suanda (CSU) alias Afung, Doddy Wahyudi (DDW), dan Zulfikar (ZFK).

(Abdul Hamid)