Jakarta, aktual.com – Komisioner Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Ilham Saputra menyatakan bahwa KPU RI sedang melakukan verifikasi terkait berkas serta data yang rusak atau terbakar di kantor KPU Papua.

“Kami sedang melakukan verifikasi, kemudian memastikan apa saja yang rusak, apa saja yang hilang serta yang terbakar,” kata Ilham, di Gedung KPU RI Jakarta, Sabtu (31/8).

Namun, Ilham mengatakan bahwa verifikasi tersebut terkendala, karena pihak KPU pada saat ini tidak dapat melakukan verifikasi langsung ke lokasi.

“Karena situasi yang tidak stabil, masih ada konflik. Nanti malah memunculkan kecurigaan,” kata Ilham.

Ilham kemudian membenarkan informasi mengenai dokumen penetapan caleg DPRD Papua yang terbakar.

“Iya benar, memang sudah ditetapkan, semoga saja kita masih ada data salinan digital ya, sehingga data itu bisa memperkuat data yang terbakar tadi,” kata Ilham.

Sebelumnya, Komisioner KPU Provinsi Papua Adam Arisoy membenarkan adanya pembakaran Kantor KPU Papua sebagai akibat dari unjuk rasa yang digelar di Jayapura, Kamis (29/8).

Akibat pembakaran tersebut, seluruh dokumen berisi kelengkapan data caleg-caleg DPRD Papua terpilih yang baru ditetapkan juga ikut terbakar.

Ant.

(Zaenal Arifin)