Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian melakukan salam Komando saat Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru 2019 serta menjelang Pemilu legislasi dan Presiden 2019 di Monas, Jakarta, Jumat (30/11/2018). Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru 2019 serta menjelang Pemilu legislasi dan Presiden 2019 ini diikuti 50.000 personel dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Polri. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, aktual.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengundang Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian untuk hadir dalam debat terbuka putaran keempat Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 pada Sabtu (30/3) malam.

“Di debat keempat ini KPU mengundang Panglima TNI dan Kapolri,” kata Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu.

Dia mengatakan Kapolri dan Panglima TNI diundang dalam debat keempat karena sesuai dengan salah satu tema yang diangkat dalam debat tersebut yaitu pertahanan dan keamanan.

Wahyu juga mengatakan untuk debat keempat, KPU RI sudah memutuskan tidak mengundang menteri dari Kabinet Kerja untuk hadir dalam debat.

Namun dia mengatakan para menteri dipersilakan hadir apabila diundang dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin atau Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Jadi bukan berarti para menteri tidak boleh hadir. Para menteri boleh hadir apabila diundang TKN atau BPN, tapi KPU tidak mengundang menteri,” ujarnya.

Dia menjelaskan, KPU menyiapkan 500 undangan untuk hadir dalam debat keempat, dengan rincian TKN Jokowi-Ma’ruf sebanyak 100 undang, BPN Prabowo-Sandi 100 undangan dan 300 undangan untuk KPU.

Debat keempat Pilpres 2019 digelar di Hotel Shangri-La pada Sabtu (30/3) malam dengan peserta debat adalah capres 01 Joko Widodo dan capres 02 Prabowo Subianto.

Tema debat keempat yaitu ideologi, pemerintahan, keamanan serta hubungan internasional. Media penyelenggara debat Metro TV, SCTV, dan Indosiar.

Ant.

(Zaenal Arifin)